Jumat, 21 Mei 2010

BANGKITNYA INDONESIA DENGAN BANGKITNYA KESEHATAN RAKYAT

Filed under: non Fiksi

Benarkah Indonesia telah bangkit?! Benarkah Indonesia telah menjadi negara yang merdeka?! Benarkah Indonesia telah menjadi negara yang mandiri?! Mau dibawa kemanakah negeri kita oleh para pejabat-pejabat yang mengaku suci tanpa cela (megingkari melakukan tindakan korupsi)? Apa yang telah kita lakukan selama menjadi warga negara Indonesia?
Harga diri negara Indonesia sudah tidak lagi terbangun. Mungkin sekarang Ibu Pertiwi sedang benar-benar menangis. Menangisi harga BBM yang selalu melonjak naik, menangisi kepergian sumber daya alam yang di eksploitasi oleh Negara asing! Adakah naluri kita dapat menerima itu semua sebagai hal yang baik bagi kita, ataukah justru naluri kita tergerak untuk dapat merubah semua keadaan ini?!
Sudah 37 tahun lembaga penelitian kesehatan yang dikelola langsung oleh Negara Amerika berdiri dengan gagah. Namun adakah keuntungan yang diberikan oleh lembaga tersebut terhadap negeri ini? Dalam kasus demam berdarah, lembaga penelitian yang berada di Namru itu sama sekali tidak ada peran untuk membantu menanganinya. Malah, angka wabah penyakit demam berdarah tahun demi tahun semakin bertambah. Pada penelitian IPB (Institut Pertanian Bogor), ditemukan bahwasanya nyamuk demam berdarah dapat tumbuh di air yang keruh alias air yang sudah terkontaminasi oleh zat kimia seperti limbah rumah tangga selain bisa hidup di air yang bersih. Nyamuk demam berdarahpun masih ada selama enam jam setelah petang dan virus yang disebarkan lebih ganas dari pada nyamuk demam berdarah pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini diduga bahwa kehebatan evolusi yang terjadi pada nyamuk demam berdarah tersebut dilakukan oleh lembaga kesehatan Namru. Karena terdengar bocoran bahwa lembaga Namru sedang mengkembangbiakan nyamuk jenis baru.
Apakah kita akan tetap terkecoh dengan tipu daya yang dilakukan oleh negara asing? Padahal berdirinya Lembaga kesehatan di Namru dapat mengacaukan kondisi negeri ini. Dari segi perjanjian yang telah dibuat ditemukan ada sisi yang lebih menguntungkan negara asing dan ada sesuatu yang patut dicurigai. Dikarenakan pegawai/pekerja atau lebih tepatnya orang-orang yang berada di lembaga tersebut mendapatkan kekebalan diplomatik. Apapun alasannya dan kegiatan yang dilakukan dibalik dinding lembaga tersebut tidak dapat dipublikasikan kepada umum. Ada misi apa yang terjadi sebenarnya? Sedangkan hari demi hari harga obat Indonesia semakin melonjak naik. Negara Indonesia adalah negeri dengan harga obat-obatnya lebih mahal 12 kali lipat dibandingkan Negara Asean yang lainnya (Sumber liputan 6 SCTV, 08 mei 2008).
Sehatnya jasmani dan rohani rakyat Indonesia adalah mencerminkan sehatnya Negara Indonesia. Kenapa kita masih tetap takut untuk mengatakan “Iya” untuk bangkitnya Negara Indonesia!
Katakan “tidak” untuk bekerjasama dengan pihak asing. Katakan “tidak” untuk meminjam uang pada pihak asing. Katakan “Iya” untuk membubarkan Lembaga Penelitian Kesehatan di Namru. Siapkah kita untuk melakukan hal itu? Wallahu a’lam bi ashawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar